My photo
Stories for my three heroes.

Sunday, March 09, 2008

Hanya melalui penulisan beginilah aku berharap
dapat melihat mereka dengan lebih jelas
apabila pemikiran aku akan mulai pudar kelak.

EMPAT TAHUN

Empat tahun. Perubahan masa, perubahan minda dan yang nyata perubahan budaya dan kehidupan yang dibawa bersama perubahan tempurung teduhan.

Sudah empat tahun. Hampir kesemua yang ingin dikata, sudah dikata. Yang ingin dicerita, telah dilipur-lara, di sabul-hikayat. Namun aku sedar, tidak aneh kalau pemenang tendesius melapor apa yang dikatanya. Mencatit hanya kemenangannya. Mencorak dari kejuarannya.

Kalau kita merenung belakang, memori kita terwarna untuk lebih melihat akan hari yang cerah dari yang celap, laman yang indah dari yang terbengkalai, kehendak yang rupawan dari yang huduh. Dan selanjutnya yang terjadi, tatkala kita ingin kepangkal jalan untuk mengorak langkah, kita terdorong memilih untuk mengingat tanda jalan yang jelas, simpang yang terurus, dan perhentian yang indah semata. Bolehkan ditanya, apakah akan lengkap pembelajaran, kalau hanya disuap dengan hanya berbatas keindahan.

Empat tahun. Tirai terbuka. Yang jelek kan ku satukan bersama. Semoga sejarahnya tetap berlengkap, hitam dan putih, terang dan gelap. Cerita duka dan cerita suka. Gembira disekalikan gundah-gulana. Dengan sejarah selengkapnya memberi pengajaran yang lebih seluruh dari seloroh.

Empat tahun penulisan secara. Demi masa depan pahlawan tercinta, kan ku ceritakan segala.

Dan hanya melalui penulisan begini juga aku berharap ingatan mereka
akan tetap segar walau ingatan aku dan Ibu
akan perlahan menjadi layu kelak.....

No comments:

Post a Comment